Categorized | Hot News, Oto, Tekno


Mobil Listrik Evina buatan PLN, Hanya 135 Juta!

EVINA-TEST-DRIVE.jpg
Mobil Listrik Evina buatan PLN, Hanya 135 Juta! PT PLN (Persero) unjuk gigi memamerkan mobil listrik miliknya, untuk mengisi baterai mobil listrik nasional Evina alias Electric Vehicle Indonesia cukup Rp 7.620 saja sekali ngecas.
Jika beberapa waktu lalu Menteri BUMN Dahlan Iskan pernah memamerkan mobil listrik hijaunya, mobil listrik yang digagas oleh PT PLN bekerja sama dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama (SAP) ini diberi nama EVINA. Evina sendiri merupakan kependekan dari Electric Vehicle Indonesia, dan dirakit sejak akhir bulan Maret lalu berbarengan dengan mobil listrik hijau milik Menteri BUMN Dahlan Iskan tsb.
Dalam hitungan PT Perusahaan Listrik Negara, Evina hanya menyedot listrik sekitar 4,4 kwH dalam pengisian baterai selama tiga jam pada tegangan AC 220 Volt (listrik yang tersalur ke rumah).
Evina ini informasinya mampu menempuh kecepatan maksimum hingga 120 km/jam. Dalam setiap pengisian, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 135 km. Evina putih hanya menyedot listrik sekitar 4,4 kwH dalam pengisian baterai selama tiga jam pada tegangan AC 220 Volt. Jika diasumsikan harga jual listrik non subsidi per kwh Rp 1.650, maka Evina Putih ini cukup membayar Rp 7.620 untuk satu kali pengisian.
Mobil listrik masa depan Indonesia, Electric Vehicle Indonesia (Evina) dalam waktu dekat akan meluncur di Indonesia. Satu bijinya, mobil Evina akan dijual sekitar Rp 135 juta per unit on the road.
Nantinya, konsentrasi PLN terhadap mobil listrik nasional ini adalah penjualan listriknya. Saat ini kami tengah meriset dan mengembangkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) untuk kendaraan listrik.
Dalam mengendarai mobil listrik ini, penumpang atau pengemudi akan merasakan respons tinggi, nyaman, dan nyaris tak ada suara alias halus. Dan terpenting, mobil ini akan mampu menghemat energi serta ramah lingkungan.
Keren yah!
Friend me on FacebookFollow me on TwitterRSS Feed